16 May 2022 06:42 WIB

Perawatan Mobil Hyundai Yang Perlu Dilakukan Setelah Mudik

Masa libur lebaran 2022 telah berakhir, dan kini banyak pengguna kendaraan yang kembali ke ibukota setelah mungkin melakukan perjalanan jauh, misalnya dengan Hyundai Santa Fe.

Setelah kembali dari mudik lebaran, sebaiknya Hyundai Lovers tidak lupa untuk melakukan perawatan dan servis kepada mobil. Apa saja perawatan yang sebaiknya dilakukan? PT Hyundai Mobil Indonesia punya beberapa saran:

1. Bersihkan Mobil

Salah satu perawatan terbaik adalah dengan membersihkan mobil, yaitu dengan mencuci mobil terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan membersihkan interior secara menyeluruh, minimal divakum. Hal ini karena saat perjalanan jauh atau mudik, seringkali penumpang makan dan minum dalam mobil dan tidak menutup adanya tumpahan.

Baca juga: Vakum Mobil, Cegah Binatang Bersarang Dalam Kabin

2. Cek Oli

Pada saat mudik, misal Jakarta hingga Jawa Tengah lalu kembali, mobil bisa menempuh jarak sampai kira-kira 1.000 Km. Bahkan Jakarta-Surabaya pulang pergi, paling tidak sudah terhitung hampir 2.000 Km. Sehingga sebaiknya mengecek kondisi oli setelah perjalanan, dan mengganti oli bila diperlukan. Bengkel resmi Hyundai tentunya bisa melayani Anda, apalagi juga akan mendapatkan layanan cuci mobil setelah servis.

3. Cek Kondisi Ban Dan Rem

Ban yang menempuh jarak jauh sebaiknya juga dicek kondisinya dan tekanannya. Cek kerusakan seperti bocor, baret, maupun ketebalan ban. Untuk tekanan, bisa mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Untuk ketebalan, bisa mengecek tread wear indicator yang tersedia pada beberapa jenis ban. Sedangkan rem, periksa kebersihan dan ketebalan kampas rem, serta piringan cakramnya. Selain itu minyak rem juga penting untuk dicek kondisinya. Hal ini akan membuat Hyundai Lovers merasa aman dalam berkendara. 

4. Spooring dan Keselerasan Kaki-kaki

Beban berlebih, jauhnya jarak, medan perjalanan, dan banyak hal lainnya, membuat kinerja roda dan kaki-kaki dalam kondisi maksimum. Disarankan untuk melakukan spooring and alignment, agar roda dan kaki-kaki kembali aman dan nyaman. 

Ingin lebih mudah? Tenang saja, jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia yang kini sudah buka bisa melayani pengecekan dan perbaikan mobil Hyundai kesayangan Anda. Apalagi, Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.