02 February 2022 10:35 WIB

Penyebab Kaca Berembun Dan Solusi Menghilangkannya

Apakah Hyundai Lovers seringkali mengalami kendala saat mengemudi karena kaca mendadak berembun? Kehadiran embun pada kaca ini tentunya sangat mengganggu karena mengurangi visibilitas secara signifikan.

Memangnya, apa penyebab utama embun terbentuk pada kaca?

PT Hyundai Mobil Indonesia punya jawaban sederhananya yaitu kelembaban dan air.

Kelembaban atau air yang ada di udara akan membentuk kondensasi ketika menyentuh perbedaan suhu tertentu. Kelembaban ini pun bisa datang darimana saja, bahkan dari nafas yang keluar dari hidung.

Adapun 2 situasi dimana pengembunan bisa terjadi, dan dengan itu akan ketahuan bagaimana cara menghilangkan embun tersebut dari kaca.

1. Saat Di Luar Lebih Dingin

Kondensasi bisa terbentuk saat suhu di luar lebih dingin daripada di dalam kabin, misalnya saat menjelajahi pegunungan dengan Hyundai Palisade bersama keluarga. Embun akan terbentuk di sisi dalam kaca dimana kabin biasanya lebih hangat. Gunakan fitur defroster, yang berupa tombol dengan arah panah ke atas pada panel AC. Lalu, set hawa AC ke suhu yang lebih hangat. 

Baca juga: Manfaatkan Defogger Pada Saat Kaca Berembun

Untuk mengurangi kelembaban, matikan juga fitur resirkulasi bila memungkinkan agar AC bisa menarik udara dari luar yang lebih kering daripada di dalam kabin. Untuk kaca belakang, bisa menggunakan defogger yang memiliki ikon kotak dan arah panah ke atas.

2. Saat Kabin Lebih Dingin

Ketika kabin lebih dingin, misalnya di tengah teriknya kota Jakarta dan AC pada Hyundai Creta dihembuskan sedingin mungkin, embun bisa saja terbentuk di kaca bagian luar. Hal ini lebih mudah, tinggal gunakan wiper mobil yang akan menyekanya seperti air hujan.