24 November 2020 12:42 WIB

Modifikasi Setir Berpengaruh Pada Rasa Berkendara, Fitur dan Safety

Anda mungkin pernah mengunjungi acara modifikasi ataupun melihat di media TV ataupun media sosial dimana terlihat sebuah mobil memiliki setir yang telah diganti. Anda pun merasa bahwa hal tersebut ingin Anda lakukan dan ingin melakukan penggantian setir pada mobil Hyundai kesayangan.

Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa konsekuensi yang harus ditanggung bila melakukan penggantian setir yang menjadi alasan dari pabrikan untuk tidak merekomendasikan hal tersebut.

1. Ukuran Setir Berbeda Berpengaruh Pada Rasa Berkendara

Yang pertama harus diketahui adalah ukuran setir aftermarket bisa jadi berbeda dengan setir asli dari mobil Hyundai. Diameter yang berbeda bisa memberikan rasa berkendara yang berbeda.

2. Korbankan Safety Dan Kenyamanan

Konstruksi dari setir asli pabrikan sudah dihitung untuk faktor safety dan kenyamanan. Dengan menggantinya, Anda mungkin telah mengorbankan kedua hal tersebut.

3. Mengganggu Fungsi Dan Fitur

Terakhir, mobil mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya dengan setir yang berbeda. Setir mobil Hyundai seperti pada Hyundai Kona tidak hanya untuk membelokkan ban. Terdapat banyak tombol untuk mengatur berbagai informasi di MID dan sistem audio yang ada pada di kendaraan.

Selain itu, airbag juga otomatis hilang dengan penggantian setir bila setir yang diganti tidak memiliki airbag. Sehingga, tingkat keselamatan pun otomatis akan berkurang. Begitu juga dengan cruise control karena pengaturannya ada pada setir.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin mengganti setir sehingga Hyundai tidak menyarankan hal tersebut. Memang boleh-boleh saja melakukan modifikasi, namun tetap ingat akan keselamatan dan faktor-faktor lainnya ya Hyundai Lovers.