02 December 2023 11:18 WIB

Mengencangkan Baut Roda Ada Caranya!

Mengganti roda pada mobil memang bisa dibilang sebagai salah satu ilmu dasar untuk perawatan mobil, utamanya bila ada kendala di jalan seperti ban pecah. Ketika melakukan penggantian ban, mengencangkan baut roda seringkali disepelekan.

Misalnya, ketika hendak mengencangkan baut, sering hanya memastikan baut kencang saja. Padahal ketika mengencangkan baut roda, ada tekniknya.

Tujuannya untuk memastikan semua baut kencang dengan merata. Karena jika baut dikencangkan pada satu sisi, sisi lainnya bisa saja terangkat bila tidak segera dikencangkan.

Lantas apa teknik yang benar untuk mengencangkan baut roda? Teknik tersebut adalah pola menyilang atau pola bintang.

Baca juga: Makna Tanda Pink Pada Baut Roda Hyundai

Tujuan dari teknik ini adalah untuk meratakan daya ikatnya. Untuk 4 baut, pemasangannya menyilang seperti biasa. Tapi untuk 5 dan 6 baut, pemasangan menyilangnya mengikuti pola dalam membentuk bintang. Catatannya, setiap baut jangan langsung dikencangkan, melainkan bertahap. 

Sangat tidak disarankan memasang baut roda dengan cara berurutan, dengan pola searah atau bahkan berlawanan arah jarum jam. Hal ini dapat membuat daya ikat tiap bautnya menjadi tidak rata, dan akan membuat roda dapat terlepas dari dudukannya.

Dengan teknik ini, maka baut roda akan kencang merata dan lebih tahan lama. Getaran dari roda juga akan diminimalisir.