18 April 2024 08:00 WIB

Jangan Anggap Remeh Kotak P3K Di Mobil

Pada mobil Hyundai terbaru dari PT Hyundai Mobil Indonesia, Anda akan mendapatkan beberapa barang darurat yang biasanya terletak pada bagasi mobil, mulai dari dongkrak, tool kit hingga kotak P3K yang kadang dianggap remeh kehadirannya.

Padahal kotak P3K ini benar-benar merepresentasikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang menjadi bagian dari upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari tenaga kesehatan (paramedik/dokter).

Baca juga: Perjalanan Jauh? Pastikan 5 Benda Ini Ada Dalam Mobil

Kotak P3K ini sendiri memerlukan perhatian khusus, karena memiliki masa kadaluarsa dan berkaitan langsung dengan tubuh Anda bila digunakan. 

Salah satunya adalah cairan antiseptik maupun cairan steril yang memiliki masa berlaku tertentu. Bila sudah lewat dari masa berlaku, tentu efek dari cairan tersebut akan berkurang dan terkadang malah bisa jadi berbahaya.

Beberapa isi dari kotak P3K memang tahan lama, misalnya kain kasa maupun perban. Namun Hyundai Lovers harus memperhatikan kebersihan dari produk ini. Bila produk sudah dibuka dari plastiknya, ada kemungkinan produk tersebut sudah terkontaminasi sehingga ada baiknya diganti bila kondisinya sudah kurang baik, apalagi produk ini bisa jadi menempel langsung pada tubuh maupun luka.