21 June 2023 10:33 WIB

Cek 5 Komponen Ini Saar Masuki Musim Hujan

Sekarang memang masih di pertengahan tahun. Namun karena berbagai faktor, Indonesia setidaknya area barat mulai mengalami hujan yang sering terjadi di beberapa daerahnya.

Ketika musim ini juga, ada beberapa ceklis yang harus diperhatikan agar mobil Hyundai kesayangan Anda bisa melewati hujan dengan mudah. Beberapa komponen yang menurut PT Hyundai Mobil Indonesia harus dicek ketika musim hujan adalah:

1. Wiper

Ketika musim hujan, tentunya komponen pertama yang harus dicek adalah wiper. Jika wiper sudah kering dan getas, maka pengelapannya tidak akan maksimal dan bisa mengganggu pandangan ke depan.

Baca juga: Kenali Lane Hogger Dan Dampak Negatifnya?

2. Air Wiper

Ketika hujan gerimis dan mobil kotor, air wiper bisa digunakan untuk membantu membersihkan kaca. Pastikan air wiper tidak habis dan bila perlu, bisa diberikan cairan khusus wiper.

3. Ban

Ketika hujan, maka ada potensi untuk terjadinya aquaplaning. Karena itu, pastikan kondisi ban masih tebal dan alurnya masih dalam agar bisa memecah air dan mencegah ban slip saat melewati genangan.

4. Lampu

Ketika hujan, jarak pandang pun terbatas. Tidak ada salahnya untuk menyalakan lampu ketika hujan. Pastikan seluruh lampu pada mobil bekerja dengan baik agar Anda lebih mudah untuk dilihat orang lain.

5. Kelistrikan

Ketika hujan, kelistrikan mobil mungkin bekerja ekstra, misalnya karena perlu mengaktifkan wiper, lampu, dan lainnya. Pastikan tegangan listrik dari alternator cukup untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Tidak ada salahnya melakukan general check-up pada mobil jika sudah cukup lama. Jika Hyundai Lovers ingin melakukan servis, mobil juga akan dicek pada berbagai aspek untuk memastikan kondisinya prima.

Lakukanlah Booking Service di PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.