17 April 2024 08:00 WIB

Apa Itu Microsleep Dan Mengapa Berbahaya Saat Mengemudi?

Selama pemberitaan terkait mudik lebaran 2024, terjadi beberapa kejadian yang tidak diinginkan. Pada beberapa kasus tersebut, istilah microsleep pun muncul. Lantas apa itu microsleep dan mengapa menjadi berbahaya ketika mengemudi?

Menurut National Sleep Foundation, microsleep adalah momen ketika seseorang tertidur untuk beberapa detik. Karena kejadiannya sangat cepat, beberapa orang bahkan tidak sadar bahwa mereka telah mengalami microsleep.

Baca juga: Penumpang Tidur Saat Mudik? Gunakan Quiet Mode Hyundai

Microsleep ini sendiri terkadang tidak terlihat karena mata bisa saja masih terbuka dan badan masih sigap. Namun otak tidak dapat memproses informasi yang masuk seperti sebuah komputer yang mengalami kendala. Otomatis ketika mengemudi, orang tersebut tidak bisa bereaksi jika ada kejadian seperti rem mendadak.

Mobil Hyundai terbaru dari PT Hyundai Mobil Indonesia sendiri sudah dilengkapi dengan sistem ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) Hyundai SmartSense pada beberapa tipenya yang bisa mencegah hal tersebut terjadi. Namun bukan berarti pengemudi bisa lepas kendali sepenuhnya dan bersantai atau mengemudi terlalu lelah hingga mengalami microsleep.

Bila sudah terlalu lelah atau mengemudi terlalu lama, PT Hyundai Mobil Indonesia sangat menganjurkan untuk beristirahat sejenak.

Penasaran dengan fitur-fitur mobil Hyundai? Yuk eksplorasi model Hyundai yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/vehicles.