02 January 2024 17:07 WIB

5 Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

AC mobil bak kewajiban di Indonesia. Cuaca Indonesia yang cukup panas dan bahkan seringkali ekstrem menuntut mobil Hyundai untuk memiliki sistem pendinginan kabin yang mumpuni. Bahkan pada beberapa model seperti Hyundai Creta tipe tertentu, sudah dilengkapi dengan ventilated seat agar semakin nyaman.

Baca juga: Cool Box Hyundai Creta Solusi Haus Saat Macet Libur Nataru

Namun ketika mobil sudah mulai berumur, AC seringkali menjadi kurang dingin. Hal ini akan sangat terasa dampaknya pada keadaan siang hari yang terik. 

Apa saja penyebabnya? PT Hyundai Mobil Indonesia beberkan 5 penyebab umumnya:

1. Freon Kurang

Salah satu penyebab utama adalah freon yang berkurang. Kandungan freon pada sistem AC bekerja sebagai media pendingin. Bila kurang, tentu performa dari AC akan menurun. Namun freon jarang sekali berkurang karena merupakan sistem yang tertutup. Jika freon berkurang, curigai adanya kebocoran pada sistem AC.

2. Extra Fan Mati

Biasanya, mobil memiliki kipas khusus untuk AC agar kondensor bisa mendapatkan udara segar untuk mendinginkan kabin. Bila kipas tersebut mati, maka AC akan terasa lebih panas, apalagi pada kecepatan rendah atau ketika sedang berhenti. Biasanya jika ini sebabnya, AC akan terasa dingin pada saat berjalan namun panas saat berhenti.

3. Evaporator Kotor

Evaporator yang kotor bisa mengurangi performa AC karena aliran udara AC yang berkurang. Hal ini tentunya membuat kipas AC juga tidak bisa bekerja dengan optimal.

4. Filter AC Kotor

Mirip dengan sebelumnya, filter AC atau kabin yang kotor akan menghambat aliran udara dalam kabin. Lalu, kabin mungkin akan terasa pengap atau ‘sumpek’.

5. Kompresor Bermasalah

Salah satu penyebab yang bisa terjadi adalah kompresor bermasalah. Kompresor bisa dibilang sebagai inti utama dari sistem AC. Bila kompresor tidak bisa memberikan tekanan yang cukup atau tidak bekerja dengan baik, maka freon tidak bisa didinginkan dengan maksimal.

Itulah 5 penyebab AC bisa mendadak jadi panas. Beberapa perbaikannya pun sederhana mulai dari ganti filter, isi ulang freon, tetapi bisa jadi rumit ketika misalnya harus mengganti kompresor.

Bila terjadi masalah pada sistem AC, jangan sungkan untuk melakukan perbaikan di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Apalagi Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service