30 September 2022 10:14 WIB

3 Akibat Bila Salah Menggunakan Jenis Oli

Oli pada mesin sudah pasti sangat penting. Oli memberikan perlindungan serta pelumasan pada mesin untuk mencegah kontak antar besi. Jika terjadi kontak antar besi pada mesin yang berputar dengan cepat dan panas, kerusakan fatal dapat terjadi.

Penggunaan oli yang tepat tentunya sangat penting. PT Hyundai Mobil Indonesia selalu merekomendasikan untuk menggunakan oli sesuai buku panduan kendaraan mobil Hyundai Anda.

Baca juga: 3 Dampak Bila Mesin Menggunakan BBM Oktan Rendah

Lantas, memangnya apa yang terjadi bila salah menggunakan oli? Ada beberapa dampak negatif:

1. Lubrikasi Tidak Maksimal

Jika menggunakan oli yang tidak sesuai, terutama pada tingkat kekentalan, lubrikasi pada mesin bisa jadi tidak maksimal. Hal ini akan menyebabkan kerusakan seperti area blok mesin yang tergores, ataupun adanya area yang tidak terlubrikasi sama sekali. Hal ini bisa menyebabkan mesin jebol.

2. Mesin Kotor

Beberapa oli bisa saja terlalu encer untuk mesin. Jika terlalu encer, oli bisa masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, membuat internal mesin menjadi kotor, serta memperburuk emisi dari mesin.

3. Knocking

Oli yang salah bisa menyebabkan knocking atau ngelitik, misalnya karena ikut terbakar seperti pada poin 2, maupun karena bertambahnya beban mesin karena oli terlalu kental, menyebabkan mesin sulit beroperasi.

Karena itu, PT Hyundai Mobil Indonesia juga merekomendasikan untuk memanfaatkan jasa dari bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia tahu akan oli yang terbaik untuk mesin Hyundai Anda.

Apalagi, kini Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.