12 Praktik Mengemudi Yang Baik Dan Tepat Pada Transmisi Automatic
Di Indonesia, mobil manual masih lebih banyak populasinya dibandingkan mobil automatic (matic, AT), meskipun popularitas mobil automatic terus meningkat. Namun ada kecenderungan bahwa mobil automatic semakin digemari, terutama di perkotaan yang padat. Begitupun pada Hyundai, transmisi automatic melengkapi seluruh jajaran kendaraan yang dijual oleh mega dealer PT Hyundai Mobil Indonesia.
Baik pengemudi yang baru menggunakan transmisi automatic ataupun yang sudah terbiasa, ada baiknya memiliki 12 praktik mengemudi yang baik dan tepat pada transmisi automatic sebagai berikut:
1. Selalu hentikan kendaraan sepenuhnya dan terus tekan pedal rem. Pindahkan gear ke posisi P (Parkir), terapkan rem parkir, dan posisikan switch IGN ke posisi OFF. Bawa kunci saat Hyundai Lovers keluar dari kendaraan.
2. Jangan pernah memindahkan gear dari posisi P (Parkir) atau N (Netral) ke posisi lain dengan menekan pedal gas.
3. Jangan pernah memindahkan gear ke posisi P (Parkir) saat kendaraan sedang bergerak. Pastikan kendaraan berhenti sepenuhnya sebelum Hyundai Lovers mencoba memindahkan gear ke posisi R (Mundur) atau D (Maju).
4. Jangan memindahkan gear ke posisi N (Netral) saat mengemudi. Melakukan hal ini dapat menyebabkan tabrakan karena hilangnya pengereman mesin dan dapat merusak transmisi.
5. Saat mengemudi pada tanjakan atau turunan, selalu pindahkan gear ke posisi D (Maju) saat maju atau ke posisi R (Mundur) saat mundur, dan periksa posisi gear yang ditampilkan di cluster sebelum mengemudi. Jika Hyundai Lovers mengemudi dalam arah yang berlawanan dengan gear yang dipilih, mesin akan mati dan dapat menyebabkan kecelakaan yang serius karena penurunan performa rem.
Price List Hyundai Di Mega Dealer PT Hyundai Mobil Indonesia:
https://hyundaimobil.co.id/pricelist
6. Jangan mengemudi dengan kaki menekan pedal rem. Bahkan tekanan yang ringan tetapi konsisten pada pedal dapat menyebabkan rem menjadi panas, aus dan bahkan mungkin gagal berfungsi.
7. Menekan pedal gas dan pedal rem secara bersamaan dapat memicu logika pengurangan power mesin untuk memastikan perlambatan kendaraan. Akselerasi kendaraan akan kembali normal setelah pedal rem dilepaskan.
8. Saat mengemudi dalam mode perpindahan gear secara manual, perlambat sebelum memindahkan gear ke posisi gear yang lebih rendah. Jika tidak, gear yang lebih rendah mungkin tidak dapat diaktifkan jika RPM mesin berada di luar kisaran yang diizinkan.
9. Saat mengemudi dengan paddle shifter, perlambat sebelum memindahkan gear ke posisi gear yang lebih rendah. Jika tidak, gear yang lebih rendah mungkin tidak dapat diaktifkan jika RPM mesin berada di luar kisaran yang diizinkan.
10. Selalu terapkan rem parkir saat meninggalkan kendaraan. Jangan hanya mengandalkan posisi transmisi di P (Parkir) untuk menjaga kendaraan agar tidak bergerak.
11. Hati-hatil saat mengemudi di permukaan jalan yang licin. Terutama saat melakukan pengereman, berakselerasi atau memindahkan gear. Di permukaan jalan yang licin, perubahan kecepatan kendaraan secara mendadak dapat menyebabkan roda penggerak kehilangan traksi dan kehilangan kontrol kendaraan yang dapat menyebabkan tabrakan.
12. Performa kendaran dan efisiensi bahan bakar yang optimal dapat diperoleh dengan menekan dan melepaskan pedal gas secara halus.