22 February 2022 10:10 WIB

Tetaplah Siaga Bahkan Saat Berhenti

Ketika berhenti, pengemudi seringkali lengah, bahkan saat berhenti di lampu merah. Seringkali pengemudi berinteraksi dengan smartphone, dan alhasil terdistraksi. Bahaya mengundang. 

Padahal pada saat-saat tertentu, misalnya lampu merah, keinginan untuk berhenti atau deselerasi harus tetap pada sikap fokus dan siaga.

Memang benar, ketika hendak menggunakan smartphone, pengemudi sebaiknya berhenti dulu alias menepi. Namun tentu juga wajib di tempat dan saat yang benar. Lampu merah menjadi tempat yang tepat untuk menggunakan ponsel. 

PT Hyundai Mobil Indonesia bisa membeberkan beberapa alasan, mengapa pengemudi sebaiknya tetap fokus pada kendali setir saat berhenti di lampu merah.

1. Fokus Pada Lampu

Ketika berada di lampu merah, tetaplah fokus, setidaknya pada lampu. Jika tidak fokus dan tidak sadar lampu telah berubah, Anda berpotensi menyebabkan kemacetan dan mengganggu pengguna jalan lain.

Baca juga: Auto-Hold Hyundai Santa Fe Cegah Mobil Menggelinding

2. Spion

Ketika berhenti, ceklah spion juga sesekali, apalagi ketika belakang Hyundai Lovers kosong. Karena, jika mendadak ada kendaraan lain melaju kencang dari belakang, misalnya mobil yang mengalami rem blong, Anda bisa bersiap atau mengambil tindakan bila memungkinkan, misalnya menggeser mobil ke samping bila ada tempat.

3. Keadaan Sekitar

Lalu dengan tetap kondisi fokus dan waspada, Hyundai Lovers juga harus melihat keadaan sekitar. Suka tidak suka, banyak aksi kejahatan terjadi pada saat berhenti di lampu merah atau kemacetan. Misalnya pada saat kaca terbuka, seringkali ada kasus dimana copet mengambil ponsel melalui kaca yang terbuka tersebut.

Itulah 3 alasan utama untuk tetap fokus pada saat berhenti. Karena ini semua berhubungan dengan faktor keselamatan dan keamanan.