23 April 2024 08:00 WIB

Suspensi Hyundai Stargazer X: Stabil, Nyaman Dan Minim Biaya Perawatan

Hyundai Stargazer X sedari debut awal muncul di Tanah Air, memang sudah menargetkan keluarga muda Indonesia yang aktif dan suka berpetualang sebagai maket yang cocok mencicipi segala kelebihan Stargazer X. Berpetualang bukan berarti tidak nyaman. Justru petualangan harus nyaman dan tetap stabil agar aman.

Hal ini akibat kombinasi suspensi Hyundai Stargazer X, yakni model MacPherson di bagian depan serta Coupled Torsion Beam Axle (CTBA) pada bagian belakang.

Baca juga: Hyundai Stargazer Mampu Tempuh 600 Km Dalam 1 Tangki

Mulai dari suspensi depan dulu yang konstruksinya diciptakan pada tahun 1946 oleh Earle S. MacPherson. Dilihat dari konstruksinya, suspensi independen ini sebenarnya cukup sederhana yang mengacu pada bentuk dasar segitiga. 

Selain rangkaian shockbreaker yang dikelilingi per, terdapat juga komponen penunjang lainnya seperti control arm untuk menjaga kestabilan.

Desain suspensi ini rupanya tidak hanya menjaga kestabilan mobil sehingga lebih nikmat dikendarai, ternyata beberapa hasil menunjukkan bahwa suspensi ini membantu memberi struktur pada mobil sehingga lebih aman ketika terjadi kecelakaan, seperti tabrak depan.

Sementara itu pada area belakang, konstruksi CTBA merupakan sebuah as yang melintang menyambungkan kedua roda belakang. Desain yang sederhana ini juga memberikan fleksibilitas untuk roda agar bisa bergerak.

Desain ini pun dinilai nyaman, tahan lama, serta menghemat tempat sehingga ruang kabin pada Hyundai Stargazer X bisa dimaksimalkan. Tentunya kestabilan juga masih menjadi salah satu kelebihan utama dari konstruksi suspensi ini. Biaya perawatan juga cenderung lebih terjangkau karena memerlukan lebih sedikit bushing.

Jika kaki-kaki mobil Hyundai kesayangan Anda sudah memerlukan perbaikan maupun perawatan, jangan sungkan untuk mengunjungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia yang tentunya berpengalaman dalam perbaikan mobil Hyundai.

Anda pun bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.