11 April 2024 08:00 WIB

Sepulang Libur Mudik Lebaran, Coba Cek 5 Komponen Kaki-Kaki Mobilmu

Perjalanan mudik lebaran 2024 tentunya akan semakin menyenangkan dengan mobil Hyundai kesayangan yang nyaman dan canggih dari PT Hyundai Mobil Indonesia. Namun “kejamnya” jalanan Indonesia seringkali membuat komponen suspensi cepat aus.

Banyaknya lubang, gelombang, maupun kerusakan jalan lainnya di beberapa daerah acap kali membuat komponen suspensi dan kaki-kaki cepat aus secara prematur. Tentu kerusakan ini akan membuat perjalanan kurang nyaman dan kadang kurang aman.

Baca juga: Bebas Khawatir Berkat Hyundai Bluelink Selama Mudik Lebaran 2024

Lantas apa komponen yang sebaiknya dicek dan diperbaiki? Ada 5 komponen yang wajib diperhatikan:

1. Karet Support Shockbreaker

Karet support adalah bantalan bagi shockbreaker kepada bodi mobil. Bila sudah aus, kemudi akan terasa kurang presisi serta seringkali menimbulkan bunyi. Jika sudah terlalu parah, karet shock bisa jebol dan shockbreaker bisa naik ke atas, membuat mobil menjadi lumpuh.

2. Tie Rod

Salah satu sumber bunyi paling banyak adalah dari tie rod, yang menjadi bagian dari sistem kemudi dan suspensi mobil. Tie rod sendiri seringkali menjadi satu rangkaian dengan rack end dan steering rack. Jika roda terasa oblak ketika digoyangkan ke kanan dan kiri, ada kemungkinan komponen tersebut telah mengalami kerusakan.

3. Stabilizer

Stabilizer bertugas untuk membuat mobil lebih stabil dan membatasi kelimbungan mobil. Stabilizer sendiri memiliki karet bushing yang bisa rusak seiring berjalannya waktu. Ketika sudah rusak, maka bisa terdengar suara besi bertemu besi karena stabilizer jadi bergerak bebas dan mengenai komponen lainnya.

4. Shockbreaker

Jika shockbreaker sudah lemah misalnya bocor, maka daya peredamannya akan kurang baik. Salah satu indikasinya adalah jika mobil masih bergoyang ketika sudah melewati polisi tidur.

5. Bushing Lower Arm

Pada bagian suspensi, ada besi besar yang dinamakan lower arm dan juga memiliki bushing karet yang besar. Jika bushing ini sudah kurang baik kondisinya, maka setir akan terasa kurang presisi dan biasanya mobil jadi sulit untuk di-spooring.

Itulah 5 komponen yang sebaiknya dicek sertelah perjalanan libur mudik lebaran. Hyundai Lovers bisa melakukan perawatan berkala di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia, melalui layanan Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Cukup klik link https://hyundaimobil.co.id/booking-service, agar segera bisa inspeksi kondisi suspensi, kemudi dan aspek kaki-kaki lainnya.