21 September 2021 10:33 WIB

Per Potong Korbankan Kenyamanan Dan Keselamatan

Salah satu modifikasi yang sering dilakukan adalah merendahkan ketinggian mobil. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendapatkan ‘fitment’ yang pas. Caranya pun beragam.

Namun, salah satu cara yang paling tidak direkomendasikan adalah dengan memotong per.

Memotong per sendiri biasa dilakukan dengan membongkar bagian suspensi, mengambil per, kemudian dipotong sesuai dengan keinginan, misalnya dipotong 1 ulir untuk merendahkan mobil sejauh 3 cm. Perhitungan ini berbeda-beda karena setiap per memiliki ulir yang berbeda.

Masalah utamanya adalah satu yaitu isu spring rate. Spring rate pada mobil berkaitan dengan tinggi dari per, misalnya rating 40 kg/cm. Artinya, perlu beban 40 kg untuk menurunkan per sebanyak 1 cm.

Ketika dipotong, spring rate ini akan tidak sama lagi. Alhasil mobil menjadi tidak nyaman dan bisa jadi berbahaya.

Karena, per akan sangat sering mengayun, limbung dan tidak stabil. Tentunya Hyundai Lovers tidak ingin merusak kenyamanan mobil Hyundai bukan?

Sehingga, memotong per sebaiknya tidak dilakukan. Lagipula, kenyamanan berkendara dan keselamatan berkendara lebih penting daripada tampilan mobil.