06 April 2024 08:00 WIB

Jangan Terjadi Saat Mudik! Ini 4 Tanda Ban Mau Pecah

Mudik lebaran 2024 tentu menjadi tantangan tersendiri untuk pengemudi, bahkan juga untuk mobil. Dalam sekali jalan, mobil harus menempuh jarak yang jauh untuk durasi waktu mesin menyala yang lama.

Mobil Hyundai terbaru dari PT Hyundai Mobil Indonesia tentu sudah siap dan prima untuk mudik. Namun jangan sampai celaka saat mudik karena lalai dalam mengemudi maupun perawatan sederhana.

Baca juga: 6 Wajib Cek Sebelum Hyundai Lovers Ikut Mudik Lebaran 2024

Salah satu penyebab kecelakaan yang paling berbahaya dan sering terjadi adalah pecah ban. Tetapi ban yang sudah mau pecah, biasanya memberikan tanda-tanda yang menjadi alarm bagi pengguna mobil. 

Apa tanda-tanda jika ban sudah mau pecah? PT Hyundai Mobil Indonesia mengungkapkannya sebagai berikut:

1. Visual

Ban yang hendak pecah biasanya ban yang kondisinya sudah kurang layak dan memberikan tampilan visual tertentu. Ban yang sudah tidak layak misalnya sudah retak-retak, botak, hingga benang terlihat keluar.

2. Bunyi

Ban yang sudah tidak layak dan sudah mau pecah seringkali menghasilkan bunyi. Hal ini karena ban sudah mulai tidak memiliki integritas dan melepas beberapa lapisan satu per satu. Biasanya akan ada bunyi seperti “dug dug dug” yang intervalnya menyesuaikan dengan kecepatan mobil.

3. Tidak Stabil

Ketika ban mau pecah, biasanya ban mulai tidak stabil. Ketidakstabilan ini akan berdampak pada pengendalian mobil yang membuat mobil tidak stabil. Bila mobil tidak stabil, terasa seperti mengayun atau bergoyang dengan bunyi ban tadi, sebaiknya segera kurangi kecepatan.

4. Ban Berasap

Ketika ban sudah benar-benar mau pecah, seringkali mengeluarkan asap karena mulai ada bagian yang tersangkut dan tergesek dengan jalan. Jika sudah ada asap dari ban, maka siapkan diri untuk mengendalikan mobil.

Harap diingat, hal utama pemicu pecah ban adalah keteledoran, baik dalam perawatan ban maupun dalam mengangkut beban pada mobil.

Untuk itu, Hyundai Lovers bisa melakukan perawatan berkala di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia, terutama sebelum mudik jarak jauh. Anda akan mendapatkan inspeksi pada mobil, salah satunya adalah inspeksi pada kondisi ban.

Jika Anda hendak melakukan perawatan atau servis, lakukanlah Booking Service di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.