28 July 2021 07:45 WIB

Cara Merawat Jok Hyundai Secara Sederhana

Jok merupakan salah satu bagian dari mobil yang tentunya sangat sering disentuh. Dengan jok yang nyaman, maka perjalanan akan menjadi lebih nyaman dan memuaskan.

Tetapi karena sangat sering digunakan, jok berpotensi mengalami kerusakan. Hal ini karena kontak terus menerus serta gesekan yang sering terjadi saat penumpang mobil bergerak di atas jok.

Sehingga patut diingat bagi Hyundai Lovers, bahwa kondisi jok pada khususnya, dan kabin pada umumnya, perlu mendapatkan perhatian yang rutin. Hal ini pun berguna juga bagi kesehatan pengguna kendaraan. 

Jok sendiri relatif mudah untuk dirawat, beberapa caranya adalah.

1. Bersihkan Dengan Benar

Jok harus dibersihkan dengan benar, misalnya pada jok kulit, penggunaan alkohol bisa merusak lapisan pelindungnya. Jika rusak, maka jok bisa mengalami keretakan dan menjadi kering, membuatnya tidak nyaman diduduki. Untuk jok beludru, maka bisa dibersihkan dengan sabun yang tepat dan segera di lap agar tidak lembab.

2. Jangan Dijemur

Jok terutama jok kulit sebaiknya tidak terlalu sering terjemur dan terpapar sinar matahari. Pada jok kulit, sinar matahari bisa merusak lapisan pelindung dan membuat jok menjadi kering. Hal ini bisa menyebabkan keretakan dan sobek.

3. Hati-hati Dengan Cairan

Selalu berhati-hati dengan cairan, baik dari minuman ataupun cairan lain. Karena, busa jok sangat menyerap. Bila dibiarkan, cairan tersebut bisa saja membentuk jamur pada dalam busa jok dan menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, jamur tersebut juga tidak baik bagi kesehatan.

4. Beri Lapisan Pelindung

Jika mobil sudah cukup berumur, maka jok bisa diberikan lapisan pelindung kulit tambahan. Hal ini sendiri seringkali ditemui pada tempat cuci mobil profesional.