22 August 2023 09:27 WIB

Ban Lebih Lebar Bikin Mobil Boros BBM?

 

Modifikasi adalah satu hal yang sangat wajar dalam kepemilikan mobil. Pemilik mobil seringkali ingin memberikan personalisasi maupun penambahan nilai pada kendaraannya. Salah satu yang sering dilakukan adalah penggantian ban.

Umumnya, ban diganti dengan ukuran yang lebih lebar dan besar. Tujuannya? Selain untuk memuat velg yang lebih besar, ban yang lebih lebar memiliki daya cengkeram yang lebih besar.

Namun ada satu hal yang semestinya jadi pertimbangan tetapi sering terlupakan, yakni konsumsi BBM. Pada mobil elektrik, biasanya jarak tempuh maksimal yang berkurang.

Ketika ban mobil dibuat semakin lebar, maka resistensi gelindingnya akan bertambah karena adanya daya cengkeram lebih. Hal ini dapat membuat mobil menjadi lebih boros BBM, apalagi pada kondisi stop and go dimana start mobil bisa jadi lebih berat dengan ban lebih lebar.

Sehingga adakah cara untuk menangani hal ini? Cara termudah dari PT Hyundai Mobil Indonesia adalah dengan memberikan tekanan angin sedikit lebih banyak dari biasanya, misalnya dari 35 Psi menjadi 38 Psi. Namun jangan terlalu banyak karena bisa membuat ban terlalu keras dan jadi licin.

Baca juga: Seberapa Sering Bodi Mobil Boleh Dipoles?

Jika mobil Hyundai Anda mengalami kendala, baik ban, mesin, suspensi, dan lainnya, jangan sungkan untuk menghubungi dealer resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda dapat melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.