24 October 2019 09:15 WIB

Alasan Kenapa Takaran Oli Mesin pada Mobil Itu Harus Pas

Sistem pelumasan pada kendaraan begitu penting. Jika tidak ada pelumas, tentunya mesin tidak bisa bekerja karena oli mencegah terjadinya gesekan yang membuat komponen mesin rusak.

Namun sayang, masih banyak pemilik mobil yang tidak terlalu memperhatikan tentang volume oli mesin tersebut. Padahal secara aturan, tidak boleh melebihi dan kurang dari batas yang sudah ditentukan oleh masing-masing produsen otomotif.

Salah satu penyebab volume oli berlebih, yakni akan menggenangi poros engkol. Akibatnya, oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik dan gesekan antara komponen mesin berlangsung secara kasar.

Hal inilah yang berpotensi menyebabkan rusaknya kualitas oli, dan keausan komponen menjadi lebih cepat. Efek yang satu ini masih ada hubungannya dengan yang pertama. Biasanya, poros engkol tidak terendam oleh oli mesin, sehingga gerakannya terbebas dari hambatan zat cair. Namun, saat poros engkol terendam oleh cairan oli, maka pekerjaan piston menjadi menjadi lebih berat.

Jika ini terjadi maka ada dua kemungkinan, yaitu RPM mesin tidak akan maksimal atau bensin menjadi lebih boros. Selain itu, untuk efek buruk kekurangan pelumasan pada mesin, yakni risikonya mesin akan mudah panas. Sistem pelumas pada material atau komponen di dalam mesin menjadi tidak maksimal hingga menimbulkan keausan yang berakibat fatal.

Selanjutnya, komponen penting yang ada di mesin seperti silinder, blok, dan ring piston jadi lebih cepat aus dan baret. Kalau cepat aus itu berarti umur pemakaiannya jadi lebih pendek. Hal ini juga bisa membuat kompresi jadi lemah dan kinerja mesin dijamin bakal menurun. Dampak fatal dari kekurangan oli adalah mesin mobil bisa turun mesin.