19 September 2020 07:07 WIB

5 Tips Menyimpan Mobil Selama PSBB

Kebijakan tentang PSBB sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kesehatan sebuah mobil. Harus berada di rumah untuk jangka waktu yang cukup lama, otomatis membuat mobil jarang digunakan.

Hal ini berpotensi menyebabkan kerusakan. Bisa berupa zat karat, pertumbuhan jamur di bagian mobil, penyumbatan bahan bakar, memunculkan gas berupa zat asam di dalam tangki oli, dan ban mobil akan mengalami pengempesan. Untuk menghindari hal tersebut, Hyundai Mobil Indonesia memberikan edukasi beberapa tips agar menjaga kondisi mobil tetap prima.

1. Servis Mobil Terlebih Dahulu

Untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan, lebih baik mobil kesayangan diservis terlebih dahulu. Mengganti oli dan filternya merupakan prioritas utama. Mengisi ulang radiator dengan coolant akan berfungsi melindungi mesin dari elemen korosif seperti uap air dan serbuk logam. Kemudian isi bahan bakar dengan penuh dan beroktan tinggi untuk mencegah karat pada tangki. Pastikan kelistrikan mobil tetap aman, karena komponen-komponen listrik pada mobil akan rawan rusak ketika jarang digunakan.

2. Cuci Mobil Sebelum Disimpan 

Rutin membersihkan mobil dapat mencegah rusaknya cat dan karat pada bodi mobil. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat menjaga kualitas warna mobil dan bebas bakteri dari kotoran maupun debu serta zat seperti tar yang menempel pada mobil selama pemakaian. Usahakan mobil dicuci sendiri di rumah dengan sabun berkualitas dan lap yang lembut agar tidak merusak permukaan mobil.

3. Jauhkan Wiper Pada Kaca

Mobil yang jarang digunakan berpotensi mengganggu kinerja wiper. Karena wiper tidak akan bekerja sehingga menyebabkan karet wiper menjadi keras. Agar tidak mengalami hal tersebut, jauhkan wiper dengan kaca dan berikan space dengan ganjalan yang lembut seperti busa agar tidak langsung menempel pada kaca.

4. Perhatikan Ban Mobil

Ban akan kempes imbas dari tekanan udara karena perubahan temperatur selama tidak dipakai. Untuk menghindari hal tersebut, pompa keempat ban mobil hingga tekanan optimal sebelum disimpan. Akan lebih baik jika mobil didongkrak agar beban tidak bertumpu pada roda.

5. Gunakan Cover Mobil

Jaga kondisi mobil dalam keadaan tidak terpakai dengan menggunakan cover mobil. Hal ini berfungsi untuk menghindari permukaan mobil dari debu dan kotoran. Usahakan simpan mobil pada ruangan gelap, tertutup, dan kering.